Wisata Sejarah dan Kultur di Jakarta Timur

TOUR AND TRAVEL

Indonesia adalah negara dengan usia kemerdekaan yang belum begitu lama, baru sekitar 73 tahun. Namun, dengan usia kemerdekaan yang tergolong sangat muda negara kepulauan yang satu ini memiliki sejarah panjang sebelum menjadi negara kesatuan republik seperti yang kita kenal sekarang. Dengan begitu banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang dilalui maka tidak sedikit bangunan ataupun tugu peringatan yang didirikan untuk memberikan edukasi sejarah kepada masyarakat yang hidup pada saat ini. Museum-museum maupun tugu yang berada di Jakarta selain menjadi sarana edukasi juga dapat menjadi pilihan wisata sejarah yang dapat Anda lakukan pada liburan kali ini. Dengan sewa bus pariwisata, ada dua destinasi wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi yaitu Monumen Pancasila Sakti dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Monumen Pancasila Sakti

Monumen yang terletak di jalan raya Pondok Gede, Jakarta Timur ini lebih dikenal dengan nama museum Lubang Buaya. Banyak yang mengira bahwa nama Lubang Buaya berhubungan dengan tragedi G30S-PKI yang terjadi di daerah tersebut, namun, daerah tersebut memang bernama Lubang Buaya sejak dahulu berawal dengan kejadian ditemukannya buaya setelah banjir surut. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di monumen pancasila sakti adalah sumur maut. Sumur maut adalah tempat dimana tujuh pahlawan revolusi ditempatkan setelah disiksa dan bahkan dikuburkan hidup-hidup. Dengan diameter 75 cm dan kedalaman 12 m, dapat dibayangkan betapa mengenaskan keadaan mayat ketujuh pahlawan revolusi yang ditemukan pada 4 Oktober 1965.

Monumen Pancasila Sakti  Monumen Pancasila Sakti

Museum Lubang Buaya merupakan sebuah kompleks dengan luas sekitar 14 ha. Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi ketika berada dalam kompleks ini seperti sumur maut, patung tujuh pahlawan revolusi maupun dapur umum yang kala itu dijadikan tempat penyiksaaan oleh PKI. Di museum ini Anda dapat melihat diorama kejadian pembantaian oleh PKI, barang-barang yang kala itu digunakan baik otentik maupun replika juga baju-baju pahlawan revolusi yang terbunuh di tempat ini. Meskipun banyak ahli yang meragukan kebenaran cerita yang berkaitan dengan tragedi Lubang Buaya, tidak ada salahnya mengunjungi museum ini untuk mendapat gambaran pergolakan politik apa yang kiranya terjadi setelah Indonesia merdeka.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah sering disebut dengan singkatan TMII merupakan sebuah destinasi wisata yang kental dengan budaya Indonesia dan memiliki luas 150 ha. Tempat wisata yang satu ini dibangun untuk menumbuhkan kecintaan pada Indonesia oleh karena itu TMII memiliki berbagai tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mempelajari sejarah dan budaya Indonesia. Terdapat 26 anjungan yang mewakili 26 provinsi di seluruh Indonesia. Indonesia saat ini memang memiliki 35 provinsi namun TMII diresmikan pada 1975 dan kala itu terdapat 27 provinsi termasuk Timor Timur. Selain itu Anda dapat melihat miniatur kepulauan Indonesia di danau yang berada di dalam TMII melalui kereta gantung, sebuah wahana yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke destinasi wisata budaya yang satu ini.

Taman Mini Indonesia Indah  Taman Mini Indonesia Indah

Dengan luas 150 ha mengelilingi TMII mungkin terdengar melelahkan. Namun banyak pilihan transportasi yang ditawarkan bagi Anda yang tidak membawa kendaran pribadi mulai dari sepeda yang disewakan, kereta gantung juga kereta aeromovel. Pilihan-pilihan kendaraan tersebut mampu membawa Anda mengelilingi TMII mulai dari mengunjungi anjungan-anjungan daerah untuk menikmati ragam budaya di dalamnya, melihat rumah-rumah ibadah yang ada di kawasan wisata ini, wisata edukasi ke beberapa museum, taman flora dan fauna hingga menikmati berbagai wahana rekreasi seperti keong mas, snownay dan lainnya.

Meskipun tujuan wisata adalah relaksasi sebagai pelepas penat akan aktifitas sehari-hari, tidak ada salahnya liburan Anda kali ini dengan sewa bus murah Jakarta Timur menjadi wisata yang menghibur, menyenangkan juga edukatif. Apalagi jika Anda berwisata dengan anak-anak maka wisata sejarah merupakan sarana pembelajaran sejarah yang tepat bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *